Everton, Kuda Hitam yang Terus Berlari Kencang

By | October 1, 2020

Everton benar-benar menjadi salah satu kuda hitam di Liga Inggris 2020/2021 yang bisa menjegal tim-tim besar seperti Liverpool dalam perburuan gelar juara.

Sejauh ini Everton sudah berlari kencang di kancah Liga Inggris musim ini.

Kehadiran pelatih anyar Carlo Ancelotti dengan segudang pengalamannya mampu mengubah Everton sebagai tim yang patut disegani The Big Six.

Ancelotti memang menjadi kunci keberhasilan Everton sejauh ini. Dengan pengalaman pernah melatih Chelsea pada 2009 sampai 2011 sudah cukup baginya mengenal karakter dan seluk beluk tim-tim Liga Inggris.

Belum lagi kehadiran pemain-pemain baru macam James Rodriguez, Allan, Abdoulaye Doucoure mampu dipadupadankan Ancelotti dengan punggawa lama macam Andrea Gomes, Richarlison, dan Dominic Calvert-Lewin.

James sendiri menjadi anak emas Ancelotti. Sejak menukangi Madrid beberapa tahun silam, Ancelotti selalu memboyong pemain Kolombia itu kemanapun melatih.

Rekomendasi Website Livescore Sepakbola

Misalnya saat di Bayern Munchen. Ancelotti membawanya ke Allianz Arena dan menjadikannya sebagai andalan di lini tengah.

Pun demikian ketika Ancelotti ditunjuk sebagai pelatih baru Everton, James pun langsung masuk daftar belanjanya.

Di Everton, Ancelotti kerap menggunakan formasi 4-3-3. Terkadang dia memodifikasi menjadi 4-2-3-1 sesuai kebutuhan dan kekuatan lawan.

Dia menempatkan Ricahrlison, Calvert, dan James di lini depan. Meski bermain di sayap kanan, namun James diberi kebebasan oleh Ancelotti untuk mengeksploitasi daerah pertahanan lawan.

James juga diberi tugas untuk menjadi creator dan umpan-umpan matang bagi rekan-rekannya. Sejauh ini eks Real Madrid itu sudah menyumbang satu gol dan satu assist dalam tiga penampilan.

Sementara Calvert-Lewin menjadi top sementara bagi Everton. Dia sudah menciptakan lima gol dari tiga laga yang sudah dimainkan.

Adapun dalam tiga laga awal Liga Inggris 2020/2021 berjalan, Everton selalu menang. Bahkan jika dihitung di ajang Piala Liga Inggris, rival sekota Liverpool ini juga mampu menyapu bersih kemenangan.

Saat ini Everton berada di posisi tiga klasemen sementara. Everton hanya kalah selisih gol dari Leicester City dan Liverpool.

Start bagus Everton di musim ini dimulai ketika berhasil menaklukkan Tottenham Hotspur 1-0 di pekan pertama Liga Inggris.

Berturut-turut, The Toffees membantai West Bromwich Albion 5-2 dan menyikat Crystal Palace 2-1.

Catatan Everton juga sempurna di ajang Piala Liga. Mereka menyingkirkan Salford City 3-0, Fleetwood 5-2, dan West Ham 4-1.

Meski semua baru awal, namun bukan berarti Merseyside Biru dikesampingkan sebagai tim penjegal. Liverpool, Manchester City, termasuk Manchester United dan Arsenal perlu mewaspadai James Rodriquez cs.

Tim-tim tersebut setidaknya patut untuk tak memandang sebelah mata Everton. Sebab Tottenham sudah terbukti berhasil digebuk di kandang sendiri.