CEO Bayern Tolak Plan Perombakan Format UCL

By | June 1, 2019

Wacana untuk merubah format Liga Champions di tahun 2024 nanti pada nyatanya memperoleh tentangan dari CEO Bayern Munich, Karl-Heinz Rummenigge. Anggapannya, telah tidak terdapat lagi yang butuh diubah dari forma Liga Champions sekarang.

Wacana transformasi ini dilayangkan oleh Asosiasi Klub Eropa (ECA). Transisi ini bertujuan supaya tim dari negeri-negeri kecil dapat memperoleh peluang bertarung yang lebih raksasa di turnamen Eropa.

“Apa lagi yang butuh diubah? Segala dunia amat iri dengan keberadaan Liga Champions dengan format sekarang. Berdasarkan aku, turnamen ini telah jadi yang tersulit di dunia sepakbola, ” tutur Karl-Heinz Rummenigge pada Der Spiegel.

Berdasarkan Karl-Heinz Rummenigge, salah satu sebab di balik usul perubahan format ini merupakan duit. Dia menyatakan jika semua tim yang bertindak sebagai kontestan Liga Champions mau memperoleh hadiah yang lebih raksasa lagi di tiap-tiap musimnya.

“Semua pastinya terdapat kaitannya dengan duit. Tiap-tiap tim jelas mau memperoleh bagian yang lebih raksasa di turnamen internasional. Para kontestan dari 5 liga tertinggi Eropa sepertinya telah bahagia dengan format yang tersedia. ”

“Tapi, terdapat tim-tim dari Belanda, Austria dan Polandia yang mau punya perwakilan tetap di turnamen Eropa. Aku benar-benar menyadari pandangan mereka soal hal tersebut. ”

“Ajax merupakan salah satu contohnya. Mereka adalah jawara Belanda dan semifinalis kompetisi musim ini. Namun, mereka mesti memulai sepak terjangnya kompetisi musim berikutnya via fase kualifikasi. Mereka dapat saja tereliminasi sebelum memasuki fase grup jika tidak begitu beruntung, ” tutup Karl-Heinz Rummenigge.