Atletico Resmi Ajukan Protes Wasit di Laga Derby Kemarin

By | October 1, 2018

Kinerja pemimpin pertandingan di Spanyol sepertinya masih bakal kerap jadi bahan kontroversi. Kali ini, pengadil lapangan Juan Martinez Munuera yang jadi sorotan sebab penampilannya di dalam laga derby kota Madrid dianggap amat jelek.

Petinggi Atletico Madrid beranggapan dirugikan dengan banyak keputusan sang pengadil di dalam laga panas tersebut. Mereka juga memberikan protes resmi pada pihak La Liga sebab menyaksikan sang pengadil setingkat lebih berpihak pada Real Madrid.

Terdapat banyak kejadian yang bakal dijadikan masalah oleh Atletico. Yang sangat utama ialah kejadian penalti menyusul handball Casemiro.

Di babak pertama, Casemiro terlihat menghentikan assist silang Koke menggunakan tangan kanannya. Pemain-pemain Atletico langsung memberikan protes, namun pemimpin pertandingan bergeming serta malah tidak bersedia menyaksikan tayangan ulang kejadian itu.

ATM mempertanyakan kenapa pemimpin pertandingan tak ingin melihat tayangan ulang (VAR) di dalam kejadian penalti Casemiro tersebut. Normalnya, pengadil lapangan bakal memeriksa VAR apabila terdapat tanda-tanda kans sebuah pelanggaran di area kotak penalti.

Lantas juga terdapat banyak kejadian lain, khususnya kala kondisi bola mati. Pemain-pemain Madrid dianggap terus melakukan pelanggaran pada Atletico. Salah satu diantaranya ialah saat Jose Gimenez dijatuhkan dengan sengaja oleh Sergio Ramos ketika sama-sama mengantisipasi bola atas.

“Setelah menyaksikan lagi berbagai penggunaan serta konsultasi VAR di dalam kondisi yang sama di dalam beberapa laga, Atletico Madrid mendesak klarisfikasi melalui Komite Teknis Wasit tentang kondisi itu,” tulis Atletico pada akun media sosial Twitter resmi mereka.

“Terdapat kebingungan besar yang diawali oleh kriteria yang tak sama di dalam memberikan tanggapan kondisi yang serupa. Ada pemimpin pertandingan yang berinisatif menyaksikan tayangan ulang pada monitor. Ada juga pemimpin pertandingan yang mengabaikannya walau sudah tercipta kontroversi yang sudah pasti.

“Kami yakin klarifikasi itu bakal penting buat memfasilitasi performa para profesional. Itu pun bakal penting buat menghindari kebingungan pada pihak suporter.”