76 Rider, Tim Pebalap Sepeda Peraih Emas Asian Games 2018

By | October 3, 2018

Khoiful Mukhib membuat sejarah pada Asian Games 2018 dengan mendapat emas kategori balap sepeda downhill nomor putra. Perjalanan karier Mukhib bukanlah instan. Ia adalah atlet yang dibina di tim serta memang dipersiapkan untuk dapat mengharumkan nama Indonesia di tim nasional.

Tim yang membina peraih emas Asian Games 2018 ini merupakan 76 Rider. Skuat balap sepeda downhill 76 Rider yang bermarkas di Kudus, Jawa Tengah, itu sudah membina Khoiful semenjak 2009.

“Aku telah masuk 76 Rider semenjak 2009 saat menjajal downhill. Sebelumnya, aku pernah di balap sepeda BMX,” tutur Khoiful.

Di 2010, Khoiful pernah mengikuti kompetisi tingkat Asia Pasifik di mana ia jadi yang paling baik pada kategori mens open. Prestasi Khoiful pada tingkat Asian Games memang jadi bentuk pembinaan dalam bertahun-tahun yang dikerjakan dengan 76 Rider.

“Kami dibentuk di 2009. Rombongan saya memang tim yang masih muda serta masih harus banyak menimba ilmu,” tutur Rudy Purnomo, pelatih skuat 76 Rider, pada Bolasport.com.

“Dalam perjalanan ini, team saya terus mengusung misi inti, yakni 76 Rider jadi tempat buat membina atlet-atlet sepeda gunung, downhill terutama. Kami memfasilitasi atlet guna melakukan latihan, sekaligus memberi sepeda, suku cadang, transportasi, serta akomodasi,” tutur Rudy Purnomo.

Suport maksimal ini mencakup mengirimkan para atletnya mengikuti kompetisi nasional serta internasional. Tim 76 Rider juga melakoni pelatihan di lereng Gunung Muria yang punya kecuraman menantang.

“Kami menimba ilmu di zona yang sukar. Jadi, team saya nantinya dapat mengatasi trek yang menantang,” kata Rudy.

Bersama pembinaan yang telah berlangsung nyaris sepuluh tahun serta koleksi emas dari pebalapnya di Asian Games 2018, 76 Rider meminta supaya mereka selalu mengerjakan pembinaan serta dapat menghasilkan pebalap yang memiliki talenta buat Indonesia.